Kamis, 20 Desember 2012

Hati-Hati Terlalu Lama Terkena AC Sebabkan Lumpuh Wajah (Bell's Palsy)

Hi.. kali ini aku mw nge-share tentang bahaya'a terlalu lama kena AC :)
Simak y.. semoga bermanfaat..

http://eserviceac.files.wordpress.com/2011/04/ac.jpg

Banyak yg belum mengetahui akan bahaya'a terpapar AC atau kipas angin terllu lama. Karena apabila hal itu terjadi, atau kita terpapar di tempat yg terlalu dingin cukup lama, ternyata dapat menyebabkan penyakit yg disebut Bell's Palsy.
Bell's Palsy adalah nama penyakit yg menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan atau kelemahan (paralisis) otot pada salah satu sisi wajah.

Pasien yg terkena penyakit ini, spt terkena stroke ringan, meski pun bisa dibilang tak sama persis. Misal'a pasien tidak bisa menggerakan bibir baik sebelah kiri maupun kanan. Mata akan susah untuk menutup atau mengedip. Biasa'a hanya menyerang muka satu bagian saja, baik kiri maupun kanan. Kata Bell's Palsy itu sendiri diambil dari nama seorang dokter pada abad 19, Sir Charles Bell, orang pertama yg menjelaskan kondisi ini dan menghubungkan dengat kelainan pada saraf wajah. Penyakit ini tentu saja dapat mengganggu secara estetika ataupun fungsi pada wajah.

Bell's Palsy memang sangat erat kaitannya dgn cuaca dingin. Untuk itu, sebaiknya menghindari terpaan angin secara lgsg pada bagian tubuh. Namun, orang yg berada di dalam di dalam ruangan pun belum tentu terhindar dari potensi penyakit ini. Bell's Palsy jg bisa menyerang orang yg bekerja di ruangan ber AC secara lgsg. Penyebab Bell's Palsy yakni angin yg masuk ke dalam tengkorak atau foramen stilo mastoideum. Angin dingin ini membuat area di sekitar wajah sembab lalu membesar.

Spoiler for Bell's Palsy :

Pembengkakan syaraf nomor tujuh atau nervous facialis ini mengakibatkan pasokan darah ke syaraf tsb berhenti. Hal itu menyebabkan kematian sel, sehingga fungsi menghantar implus atau rangsangnya terganggu. Akibatnya, perintah otak untuk menggerakan otot-otot wajah tidak dapat diteruskan. Orang yg terkena penyakit ini harus segera dibawa ke dokter. Biasanya pasien akan mengikuti pragram fisioterpai selama 1bln ditambah pemberian sejumlah obat dan vitamin.

Nah.. itu tdi sekedar informasi.. Semoga berguna y..
Dan dapat menambah wawasan :D Bye..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar